Jumat, 02 September 2011

I Dewa Ayu Mas Suarthini, "Ubah Perilaku Masyarakat"


I Dewa Ayu Mas Suarthini adalah sosok   Kepala Bidang Penyuluhan, Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Karangasem yang senantiasa berpenampilan sederhana dengan tutur katanya yang santun. Di samping itu, ibu dari satu putri dan dua putra ini dikenal pekerja keras dan tak mengenal waktu serta pantang putus asa dalam mengemban dan melaksanakan tugas-tugas kesehariannya.
Royalitasnya yang tinggi membuat wanita kelahiran tahun 1956 ini dipercaya mengemban tugas sebagai Kepala Bidang Penyuluhan sejak beberapa tahun yang lalu. Berbagai tantangan kerap dihadapi saat menjalankan tugas di lapangan, terutama di dalam merubah pola pikir dan perilaku masyarakat untuk senantiasa hidup bersih, yang dimulai dari rumah tanggan hingga ke lingkungannya.

I Dewa Ayu Mas Suarthini

Di dalam menunjang kelancaran dan keberhasilan tugas-tugasnya, istri Drs. I Dewa Putu Raka ini mengaku lebih menyasar ibu-ibu rumah tangga melalui PKK, mengingat ibu rumah tangga yang paling berperan dalam hal kebersihan. Sehingga, jika para ibu-ibu rumah tangga ini sudah sadar dan memahami akan pentingnya hidup bersih, niscaya program pemerintah akan dapat berjalan dengan baik sesuai yang diharapkan.
Kabid yang juga menjabat sebagai Wakil Sekretaris Tim Penggerak PKK ini lebih jauh menjelaskan, berbagai upaya dan usaha dilakukan untuk menyadarkan serta merubah perilaku  masyarakat, salah satunya melalui lomba kebersihan, serta membentuk desa binaan. Dengan adanya kegiatan semacam ini, diharapkan masyarakat akan terbiasa memilih dan memilah antara sampah organik dan an-organik.
Meski upaya itu disadari tidak semudah membalikkan telapak tangan, melainkan dibutuhkan kesabaran, komitmen, dan kerja keras, serta waktu yang cukup panjang, tetapi wanita ramah dan murah senyum ini mengaku tak pernah putus asa menghadapi perilaku masyarkat yang cukup sulit untuk merubah perilaku serta kebiasaan membuang sampah sembarangan. “Tiang optimis lambat laun masyarakat akan sadar dan memahami akan pentingnya hidup bersih, sepanjang kita bersama komitmen untuk  bahu-membahu bekerja keras tanpa putus asa. Membuat sesuatu yang baik tentu perlu waktu dan pengorbanan, baik tenaga, waktu, dan materi,” jelas   I Dewa Ayu Mas Suarthini menegaskan seraya mengakhiri perbincangannya.
*** Andiawan

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More