Jumat, 02 September 2011

Paguyuban Tri Datu Gelar Ngaben Massal


Melihat kenyataan banyak umat yang  belum bisa melaksanakan upacara yadnya, khususnya Pitra Yadnya yang mana para tetua dan atau anggota keluarga lainnya yang telah lama meninggal dan masih terkubur dengan upacara sederhana dalam tingkatan makingsan di pertiwi. Hal itu menggugah perhatian  Paguyuban Tri Datu yang merupakan suatu paguyuban dari lintas “soroh”  untuk membantu meringankan beban umat agar bisa melaksanakan yadnya itu dengan menggelar upacara Pitra Yadnya/Ngaben secara Massal.
Upacara dimaksud diselengggarakan bertempat di Setra Desa Pakraman Denpasar dengan jumlah peserta 69 Sawa . Di mana, 49 Ngaben dengan biaya Rp. 1.750.000 (satu juta tujuh ratus lima puluh ribu rupiah) dan 20 Ngelunggah dengan biaya 500.000 (lima ratus ribu rupiah).



Pelaksanaan Ngaben Massal ini terlaksana dengan  konsep gotong royong, terbukti banyak dari krama yang tidak ikut dalam pengabenan massal ini menyumbangkan dana dan tenaga. Baik berupa makanan, minuman, perlengkapan, kesenian dan juga berupa “terob” sehingga walau dengan dana yang minim dan terbatas upacara yang cukup besar itu dapat terlaksana dengan baik, aman, dan lancar.
Upacara yang dokomandoi oleh Mangku Made “Dulah” Darpha dari Busung Yeh Monang-Maning dan bertindak sebagai Yajamana Ida Pandita Mpu Dhaksa Merthayoga dari Griya Agung Braban berjalan lancar dengan dibantu pula oleh para Pemangku Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi Kodya Denpasar dan Pusat. Prosesi upacara itu diawali dengan Bumisudha, Mecaru dan Ngulapin pada tanggal 14 Agustus 2011. 15 Agustus 2011 dilaksanakan Malelet, Ngajum, Ngaskara dan Pemerasan. 16 Agustus 2011 dilaksanakan Pangembang/Ngendag , Ngadegan, Budak ke Jero soang-soang. 17 Agustus 2011 dilaksanakan Pembakaran / Pelebon dan Nganyut. Upacara diakhiri dengan  Mekelud / Mecaru di tempat pengabenan.
Pengorong dan dilanjutkan dengan bersih-bersih.  Sementara , untuk upacara selanjutnya yakni  Atma Wedhana diserahkan kembali pada masing-masing peserta untuk melaksanakannya.  Sebagian dari peserta memutuskan untuk mengikuti upacara Atma Wedhana Massal di Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi Pusat yang akan dilaksanakan pada 28 Agustus 2011 mendatang. *** Pinandita. Drs. I Ketut Pasek Swastika

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More