Senin, 01 Agustus 2011

Aji Kamoksan Wrhaspati Tattwa, Samadhi Yoga Ajapa Gayatri

Samadhi Yoga dilakukan dengan teknik yang disebut Ajapa Gayatri. Teknik ini menggabungkan tiga jenis Sadhana untuk mencapai kondisi Samadhi. Ketiga Sadhana itu adalah Pranayama, Japa, dan Konsentrasi. Mantra yang dipakai dalam melaksanakan Japa adalah mantra  Gayatri. Karena itulah gabungan dari ketiga sadhana itu disebut Ajapa Gayatri.



9. Tempat Duduk
Kita kembali kepada hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum memulai latihan Samadhi. Dalam tulisan sebelumnya kita sudah membahas delapan hal yang perlu disiapkan. Persiapan tersebut antara lain; menentukan waktu Samadhi, tempat Samadhi, pakaian yang dipakai untuk Samadhi dan sebagainya. Sekarang  kita membahas persiapan nomor sembilan yaitu tentang tempat duduk yang dipakai  selama Samadhi:
  • Samadhi dapat dilakukan di atas tanah, di lantai kamar (semen, tegel, teras, atau marmer), atau di atas balai-balai/plangkan dan sebagainya.
  • Lantai tempat latihan Samadhi sebaiknya dialasi tikar atau karpet.
  • Sediakan tempat duduk berupa bantal atau lungka-lungka setebal sekitar 5 cm. bantal sebaiknya terbuat dari kapuk. Jangan memakai bantal busa. Atau bisa juga memakai selimut yang dilipat-lipat sehingga tebalnya menjadi sekitar 5 cm.
  • Pada saat duduk, pantat berada di atas bantal dan kaki di atas tikar/karpet.

10. Sikap Duduk
Kalau memungkinkan, duduklah dengan sikap Padmasana. Tetapi harus diperhatikan bahwa seluruh proses latihan (mulai dari Pratyaharayoga, Dhyanayoga, Pranayamayoga, Dharanayoga, Tarkayoga sampai Samadhiyoga) memerlukan waktu lebih dari 30 menit. Anda boleh duduk dengan  sikap Padmasana, asal Anda yakin selama lebih dari 30 menit pelaksanaan latihan Sadanggayoga, kaki Anda tidak mengalami masalah. Tidak kesemutan, kebas, keram atau sakit.
Dalam latihan Samadhi, yang lebih penting bukan sikap duduk Padmasana. Tetapi kondisi seluruh tubuh dari ujung rambut sampai ujung kaki agar tetap nyaman. Kalau Anda mampu latihan Sadanggayoga dengan sikap Padmasana dengan rasa tubuh (kaki) tetap nyaman, tentu hal ini baik sekali. Tapi sikap duduk Padmasana tidaklah mutlak. Dalam latihan Sadanggayoga yang paling penting bukan sikap duduk Padmasana.
Tapi kondisi seluruh tubuh yang nyaman. Tidak sakit, kebas atau kesemutan. Percuma saja Anda latihan dengan sikap duduk Padmasana kalau Anda merasa kaki kesemutan atau ngilu. Konsentrasi Anda akan terganggu. Kalau  terjadi seperti itu berarti latihan Anda gagal total.
Kalau Anda tidak mampu duduk dengan sikap Padmasana dalam waktu lama, lakukan sikap duduk Sidhasana (lihat gambar). Kalau sikap duduk ini juga tidak mampu Anda lakukan, Anda boleh duduk bersila biasa. Yang penting Anda  bisa tetap nyaman duduk selama lebih dari tiga puluh menit. Waktu minimal yang diperlukan untuk latihan Sadanggayoga. Kalau Anda serius dalam  meniti jalan spiritual, Anda harus mampu duduk latihan Sadanggayoga lebih dari  2 jam dalam kondisi tetap nyaman.

Untuk informasi selengkapnya, silahkan memesan tabloid ini.  Terima kasih. 

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More