Selasa, 12 April 2011

Tanaman Pengusir Nyamuk

Musim hujan telah tiba. Biasanya musim penghujan seperti ini identik dengan meningkatnya pertumbuhan populasi nyamuk, apalagi nyamuk Aedes aegypti sebagai penyebab Demam berdarah. Sebetulnya banyak cara untuk mengusir nyamuk dari rumah kita. Diantaranya dengan melakukan 3M plus dan mencegahnya deman berdarah dengan kentongan. Namun ada pula cara alami mengusir nyamuk yang salah satunya dengan tanaman-tanaman pengusir nyamuk


Yang paling kita kenal sekarang tentang tanaman-tanaman pengusir nyamuk adalah bunga lavender. Bunga berwarna biru keungu-unguan ini mengeluarkan bau wangi dan akan mengusir nyamuk dari kita.
Dengan menanam tanaman-tanaman pengusir nyamuk tersebut akan memberikan kecilnya peluang kita akan tergigit dari nyamuk dan akan terhindar dari penyakit-penyakit yang disebabkan oleh nyamuk.
Berikut beberapa tanaman pengusir nyamuk yang dapat kita jadikan sebagai pengusir nyamuk dirumah kita :

Geranium
Tanaman geranium di tanam di luar rumah. Caranya mengusir nyamuk adalah dengan cara Mengoyang-goyangkan batangnya ( bila tertiup angin ) dan mengeluarkan bau khas wangi geranium. Kandungan geranium yang menjadi bahan aktif pengusir nyamuk yaitu, zat citronella.
Sekilas tentang tanaman pengusir nyamuk yang satu ini. Geranium mempunyai 3 varian tanaman yakni, Citrosa mosquito fighter, Citrosa queen of lemon dan Citrosa lady diana. Di indonesia tanaman ini banyak ditemukan di seputaran Bandung dan Sukabumi.

Lavender.
Tanaman pengusir nyamuk yang satu ini adalah yang paling populer di masyarakat. Bunga cantiknya yang berwarna ungu bila digosok-gosokan ke tubuh kita dapat terhindar dari gigitan nyamuk. Bunga lavender pada zaman sekarang banyak digunakan sebagai aroma terapi dan diletakkan di tengah ruang tamu.

Serai Wangi
Dari zaman dahulu sampai dengan sekarang tanaman serai biasa kita gunakan untuk memasak. Namun ternyata serai wangi mengandung zat-zat geraniol, metilheptenon, terpen-terpen, terpen-alkohol dan yang paling berbahaya bagi nyamuk adalah zat Sitronelal. Zat ini sebagai racun kontak bagi nyamuk.

Zodia.
Tanaman pegusir nyamuk ini merupakan tanaman asli Papua. Orang-orang pedalaman Papua telah lama menggunakannya sebagai pengusir nyamuk. Cara menggunakannya dengan mengosok-gosokkan daunnya pada kulit. 

Tim Bali Aga

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More